Kamis, 06 Februari 2014

Cuisine Worldwide

Hari ini merupakan hari yang bernilai bagiku karena hari ini aku mendapatkan cukup banyak pembelajaran mengenai gambaran kuliner – kuliner mancanegara yang ada di dunia ini. Pembelajaran yang berharga ini aku dapatkan melalui presentasi pertama dari temanku yang bertema Cuisine Worldwide di mata kuliah Advanced Food and Beverage Innovation yang ada di kampusku yaitu di Universitas Ciputra Surabaya. 
Tidak banyak memang yang aku tangkap dari presentasi tadi sebab bagiku penyampaiannya terlalu cepat karena diburu waktu. Namun topik-topik yang dibahas tadi cukup menarik. Ada beberapa yang menarik perhatian dan masih ada dalam ingatanku hari ini yaitu mengenai negara Amerika, aku baru tau bahwa ternyata di sana terdapat Festival Chicken Wings yang dirayakan tiap tanggal 29 Juli. Menurutku festival tersebut cukup aneh sebab festival itu dirayakan dengan cara penduduk yang mengikuti festival tersebut berlomba untuk memakan chicken wings sebanyak – banyaknya. 
Selain itu aku menjadi tau mengenai Asado. Asado ini merupakan teknik memotong daging yang dimasak pada penggorengan atau api terbuka. Penyajiannya seperti buffet, jika ada pengunjung yang ingin memesan daging, chef langsung memotongkannya dan menaruh ke atas piring pemesan. Cara penyajian ini menurutku cukup menarik.
Hal yang baru aku ketahui juga adalah ternyata makanan Eropa juga memakai babat. Di sana babat disebut tripe, babat tersebut diolah menjadi sup babat.  Sebelumnya aku kira babat hanya merupakan masakan lokal Indonesia.
Berikutnya mengenai UK’s Traditional Fish and Chips, makanan ini termasuk ke dalam street food. Ternyata di sana bungkusannya memakai alas dari kertas putih atau koran, sebelumnya aku pikir di sana sangat memikirkan ke hygenis-an dari packaging makanan.
Selanjutnya hal yang cukup mengejutkan adalah kangooro steak yang hanya ada di Australia. Padahal di sana kangooro adalah hewan yang dilindungi. Namun hal tersebut memang bisa menjadi peluang bisnis yang besar bagi negara tersebut sebab kangooro steak hanya terdapat di sana sehingga akan ada banyak orang yang merasa penasaran dan ingin mencobanya. Sedangkan dari bagian Asia Timur yaitu Chinese Cuisine juga ada hal yang mengejutkan yaitu masakannya ada yang menggunakan bahan baku yang tidak umum seperti cakar beruang, daging kura-kura dan daging monyet. Selain itu di Kazakhstan juga ada masakan uniknya yaitu banyak yang menggunakan daging kuda dan kambing. Contohnya seperti Beshbarmak, masakan ini  berbahan dasar potongan kepala kambing yang telah dimasak.
Cakar Beruang

Beshbarmak

Itulah pembelajaran yang aku dapat hari ini, semoga sharing pembelajaranku ini dapat bermanfaat.. 
~Thank you~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar