Kamis, 13 Februari 2014

Noodle and Pasta

Hari ini merupakan presentasi yang ke 5 dari teman saya dengan topik "Noodle and Pasta" namun hari ini saya tidak dapat mengikuti perkuliahan karena ada beberapa urusan keluarga. Walaupun begitu, saya tidak akan melewatkan pengetahuan yang berharga ini begitu saja. Saya mencoba untuk mempelajari sendiri melalui materi yang telah di share di edmodo dan melalui postingan blog teman-teman saya serta juga melalui searching di internet. Berikut ini pembelajaran yang berhasil saya dapatkan hari ini..
Noodle 
Mie
Noodle atau yang biasa disebut mie di Indonesia merupakan sebuah adonan berbahan dasar dari tepung. Mie ini biasanya dibentuk melalui alat penggilingan khusus mie, sebelum digiling mie digilas dengan menggunakan rolling pin hingga membentuk adonan tipis setelah itu baru digiling. Bentuk umumnya adalah seperti karet yang memanjang. 

The History, mie telah ada sejak 4000 tahun yang lalu. Pertama kalinya dibuat di daratan Cina setelah itu akhirnya berkembang di negara-negara Asia Tenggara. Seperti yang telah kita ketahui, di Cina mie ini merupakan simbol kehidupan yang panjang dan biasanya disajikan serta menjadi makanan yang wajib ketika ada seseorang yang berulang tahun. Di Cina ini mie diibaratkan sebagai pengganti kue ulang tahun. Selain itu ternyata di sana mie juga sebagai teman minum teh.

Nowadays, mie di pasaran terbagi menjadi 3 jenis yaitu mie kering, mie basah dan mie instant. Bentuknya pun sudah bermacam-macam. Ini dia contoh jenis-jenis mie dalam beberapa macam masakan yang berbeda di seluruh dunia:
Ramen
Kwetiau








Dangmyeon
Mie Pok
Soba

Udon
Wai Wai
Pundong
La Mien

Pasta:






Pasta merupakan olahan makanan ala Italia yang juga berbahan dasar tepung seperti noodle. Pasta ini jauh lebih banyak variasi bentuknya jika dibandingkan dengan noodle.

Penggolongan, di daerah asalnya yaitu Italia, terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan tiap tahunnya tercipta bentuk yang baru.
  • Pasta Long: Fusilli dan Spaghetti 
  • Pasta Ribbon-cutFettucine dan Lasagna  
  • Pasta Short-cutCanellonni dan Macaroni 
  • Pasta Decorative ShapesChonchigline dan Farfalle 
  • Pasta Stuffed: Ravioli dan Agnolotti 
  • Pasta Minute: Acnidipepe dan Anelli 
  • Pasta Irregular ShapeGnocchi dan Passatelli 
Ide Bisnis:
Saya terinspirasi untuk membuat sebuah restaurant khusus noodle and pasta. Bedanya, terdapat pilihan porsi untuk setiap menunya, bisa porsi small, medium, large. Jadi untuk pengunjung yang sedang diet atau anak-anak kecil atau pun yang ingin mencicipi berbagai menu dapat memesan dengan porsi yang small. Sedangkan untuk pengunjung yang telah mempunyai menu favourite dapat memesan dengan porsi medium atau large. Selain itu penyajiannya terinspirasi seperti fast food, agar noodle and pasta dapat dihidangkan dengan cepat maka sebelumnya disiapkan jadi terlebih dahulu sebelum ada yang pesan, lalu jika ada yang memesan tinggal dipanaskan di dalam oven atau bisa juga menggunakan konsep penyediaan makanan seperti buffet namun makanan akan tetap diambilkan oleh pelayan.
NB: Selain itu terpikirkan juga mengenai konsep mix and match, yaitu akan tersedia pilihan menu saus sendiri dengan pilihan pasta dan mie yang dapat di mix and match kan sendiri oleh pengunjung.  Misalnya saja hasil mix nantinya menjadi mie udon bolognese atau bisa juga menjadi ramen namun dengan menggunakan pasta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar