Kamis, 13 Februari 2014

Potatoes

Kali ini merupakan presentasi dari kelompok saya sendiri yaitu kelompok ke 6, namun karena saya berhalangan untuk masuk seperti yang telah saya katakan di posting sebelumnya, jadi saya tidak bisa mengikuti presentasi tersebut. Terbeban sekali rasanya tidak bisa mengikuti presentasi karena dengan begitu maka berarti saya akan kehilangan nilai. Namun, apa boleh buat, yang bisa saya usahakan sekarang adalah berusaha untuk memaksimalkan nilai dari blog ini. Sekarang kembali lagi ke topik mengenai Potatoes, dari yang saya pelajari Potatoes, pertama kali ditemukan di Amerika Selatan oleh Colombus.

Sejauh ini yang saya tahu kentang itu hanya berwarna kuning, namun ternyata kentang itu ada cukup banyak macamnya.
Macam-macam:
1. Kentang Merah
    Kulitnya berwarna merah, berumbi putih. Kentang ini termasuk jenis yang langka. 
    Di Indonesia, yaitu di daratan tinggi Dieng merupakan salah 1 daerah penghasil kentang merah ini.
2. Kentang Kuning
    Kulit dan umbinya berwarna kuning. Jika dibandingkan dengan kentang putih, kentang kuning ini
    rasanya lebih enak dan tidak mudah hancur bila dimasak sehingga harganya lebih mahal.
3. Kentang Putih
    Kulit dan umbinya berwarna putih. Rasa agak hambar dan mudah hancur bila digoreng atau dimasak.
4. Kentang Hitam
    Kulitnya berwarna ungu tua kehitaman, sedangkan umbinya berwarna krem pucat dengan lingkaran ungu. Sekarang kebanyakan ditanam di Kepulauan Shetland.
5. Kentang Hijau
    Kentang ini merupakan kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapat sinar matahari. Warna hijaunya mengandung senyawa solanin (sejenis senyawa alkaloid) yang bersifat RACUN. Kentang ini dapat menyebabkan sakit kepala, sakit perut dan buang-buang air.
Varietas di dunia:
1. Nicola, tumbuh di Jerman, cocok untuk olahan rebus dan bahan untuk salad
2. Russet Burbank, kentang Amerika Klasik, cocok untuk dibakar dan goreng, misalnya french fries
3. Lapin Puikula, tumbuh di daerah dengan tanah basah dan cahaya matahari yang sedang seperti di Finlandia, cocok untuk olahan degan teknik rebus dan bakar.
4. Yukon Gold, khas Kanada dengan tekstur lembut, cocok diolah teknik rebus, misal mashed potato dan salad serta cocok juga digoreng.
5. Royal Jersey, satu-satunya yang ada di Inggris, cocok untuk dibuat mashed potatoes, salad dan di baked.

Selain enak untuk diolah menjadi masakan dan camilan, ternyata kentang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan lho..
Keunikan:
1. Seni Lukis Wajah
    Ide yang muncul dari seorang pelukis bernama Ginou Choueri.
    Beliau melihat bahwa tekstur dan warna kentang hampir sama dengan warna kulit manusia.










2. Kentang Berbentuk Hati
    Ditemukan di Cina
 









Hasil Olahan, dari hasil browsing baru saja saya menemukan olahan kentang unik yang baru pernah saya dengar yaitu Es Krim Kentang, es krim kentang ini diciptakan oleh perusahaan es krim Akagi Nyugyo di Fukaya, Prefektur Saitama, Jepang. Es krim Gari Gari Kun ini ternyata sudah mulai diciptakan sejak 1980, namun saya baru mengetahuinya sekarang.

Sumber: http://beritagar.com/p/es-krim-rasa-sayuran-dari-jepang-10012




Kalau di Indonesia, biasanya kentang dijadikan sebagai donat, french fries, dll. Kalau di Jepang, kentang ini diolah menjadi sebuah es krim. Bukan saja es krimnya yang unik, namun penyajiannya pun juga unik yaitu ada yang disajikan di dalam cone. Tidak hanya berhenti sampai di situ keunikannya, toppingnya pun juga unik dan masih tidak wajar seperti es krim pada umumnya, di Jepang es krim kentang ini diberi topping seperti kacang polong dan sosis.
Sumber: http://sharingdisini.com/2012/11/04/21-es-krim-rasa-aneh-yang-ada-di-jepang/


Sayang rasanya karena saya baru menemukan olahan kentang yang unik ini setelah kelompok saya selesai presentasi. Semoga dari sharing pembelajaran melalui blog ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

Ide Bisnis:
Dari pembelajaran mengenai kentang, saya terinspirasi dari kreatifitasnya negara Jepang untuk membuat olahan kentang ini menjadi es krim. Es krim merupakan salah satu makanan yang digemari di Indonesia. Sejauh yang saya ketahui di Indonesia masih belum ada yang menjual es krim kentang ini, jadi mungkin dapat menjadi prospek bisnis yang bagus di Indonesia. Inovasi yang akan saya lakukan adalah dari toppingnya, saya akan sediakan berbagai topping yang dapat dipilih oleh pembeli, topping tersebut berupa olahan daging misal potongan ham dan bisa juga memakai sayuran seperti wortel yang diparut. Jadi selain lezat es krim ini dapat mengenyangkan dan sehat untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin dari topping sayuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar