Jumat, 07 Februari 2014

Onigiri

Presentasi ke tiga dari temanku kali ini bertopik Onigiri. Ini cukup menarik bagiku karena aku suka mempelajari makanan dari Jepang. Makanan-makanan yang dibuat oleh Jepang umumnya mempunyai nilai yang lebih kepada segi praktis dan sehat, misalnya seperti onigiri ini. 

Onigiri merupakan makanan tradisional dari Jepang yang terbuat dari nasi putih yang dikepal atau dipadatkan lalu diisi dengan bahan makanan yang memiliki rasa asam atau asin kemudian dibentuk (umumnya menjadi bentuk segitiga). Ternyata rasa yang diberikan ini juga berfungsi sebagai pengawet alami untuk mencegah tumbuhnya mikroba pada nasi. 

Selanjutnya tentang perbedaan onigiri dengan sushi yang baru aku ketahui, ternyata perbedaannya terletak pada nasinya. Pada onigiri nasinya tidak diberi cuka sedangkan pada sushi diberi cuka.

Beberapa variasi bentuk onigiri:

Black Onigiri
Bahan dasar isian onigiri:
Cara pembuatannya:

Ternyata di sana onigiri juga mempunyai maskot yang dinamai "Musubi Maru". Maskot ini bertujuan untuk mempromosikan onigiri dengan cara berkeliling kota di Jepang.
Di jaman sekarang ini, akibat semakin berkembangnya teknologi berawal pada tahun 1980 an ditemukanlah mesin pencetak onigiri yang dapat mencetak onigiri berbentuk segitiga dan pada akhirnya onigiri dapat diproduksi secara masal. Mesin ini bisa membuat onigiri dalam waktu 3 detik, hal ini cukup menakjubkan karena dengan begitu dalam waktu yang singkat onigiri dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu seiring dengan perkembangan jaman, onigiri ada yang di toast dan juga ada yang digoreng. 

Dari pembelajaran yang aku dapatkan ini membuat aku ingin mencoba untuk bereksperimen membuat onigiri sendiri dengan berbagai variasi bentuk yang unik-unik dan mempunyai nilai jual. Sudah dulu ya sharingku kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya
~Terima kasih~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar