Jumat, 14 Februari 2014

Sausage

Sosis merupakan makanan yang terbuat dari daging yang telah dicincang kemudian dilumatkan atau dihaluskan dan diberi bumbu serta rempah-rempah. Dagingnya bisa dari daging ayam, sapi, babi, dll. Makanan ini biasanya lebih digemari oleh anak-anak karena rasanya yang gurih dengan tekstur yang kenyal. 
History, dahulu sosis ini merupakan salah satu cara alternatif untuk mengawetkan daging yang sisa karena jaman dulu mesin pendingin belum ditemukan. Kata sosis berasal dari bahasa Latin "Salsus" yang artinya diasinkan atau diawetkan. Sejarahnya, diperkirakan sosis dibuat oleh orang Sumaria (Irak) sekitar tahun 300 SM.




Bahan-Bahan Dasar:
- Semua jenis daging
- Lemak
- Bahan pengikat dan pengisi
- Air
- Garam
- Bumbu atau rempah

Jenis-Jenis:
Sekarang ini telah ada ribuan jenis sosis yang ada di berbagai dunia. Berikut ini yang saya tunjukkan adalah yang menurut saya unik dan baru saya ketahui
1. Merquez, dari Afrika Utara, sosis ini terbuat dari daging domba dan sapi atau keduanya. Merguez disajikan dengan cara dipanggang yang kemudian dibuat menjadi sandwich. 
Merquez
2. Boerewors, sosis yang populer di Afrika Selatan, terbuat dari daging sapi, domba, atau babi, bisa juga dengan campuran daging domba dan babi. Biasanya boerewors ini disajikan berbentuk spiral
Boerewors
3. Chả lụa, asal Vietnam. Terbuat dari daging babi yang ditambah dengan pati kentang, bawang putih, lada hitam dan kecap ikan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.
Chả lụa
4. Rosette de Lyon, merupakan sosis babi Perancis. Terbuat dari kaki babi dan biasanya disajikan dalam irisan tebal.
Rosette de Lyon
5. Salsiccia di Cavolo, sosis dari Italy
Salsiccia di Cavolo
6. Kantwurst, dari Austria
Kantwurst
7. Chorizo, terkenal di Portugal. Dibuat dengan proses pengasapan dan berwarna merah terang.
Chorizo
8. Embutido, terkenal di Portugal. Biasanya mengandung daging hash. Umumnya menggunakan daging babi. Disajikan dibungkus dalam kulit usus babi.
Embutido
9. Lorne Sausage, juga dikenal sebagai sosis persegi atau sosis iris. Merupakan makanan tradisional Skotlandia, biasanya terbuat dari daging giling dan roti yg dikeringkan. Hal ini umum dalam sarapan tradisional di Skotlandia.
Lorne Sausage
10. Fuet, terkenal di Spain. Fuet adalah produk sosis daging mirip dengan jenis yang dikenal sebagai longaniza fina, dibuat dengan cincangan lemak halus dan daging babi tanpa lemak.
Fuet

Sosis tempe
Hasil dari browsing, saya menemukan olahan sosis yang unik bagi saya yaitu Sosis Tempe. Sejumlah mahasiswa yang aktif di Pusat Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa (PPKM) Faerumnesia Fakultas Pertanian UGM telah berhasil menghadirkan produk inovasi baru dunia sosis yaitu "Sosis Tempe"
Sumber: https://www.facebook.com/notes/jaringan-pengusaha-muslim-indonesia/ide-bisnis-sosis-tempe-raup-rp-30-juta-per-bulan/379843255368991

Ide Bisnis
Membuat sebuah inovasi dari bahan dasar sosis, sosis yang biasanya berbahan dasar hewani seperti daging-dagingan akan aku coba ganti dengan bahan dasar nabati seperti tempe (terinspirasi dari hasil browsing) dan akan aku tambahkan dengan sayuran yang mungkin bisa tahan lama seperti wortel. Jadi bagi yang vegetarian atau yang sedang diet bisa mengkonsumsi sosis tanpa khawatir dan sangat cocok juga dikonsumsi oleh anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar