Jumat, 07 Februari 2014

Garam Masala

Hallo semuanya, kali ini topik yang dibahas adalah Garam Masala. Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang pengetahuan seputar cuisine worldwide, unique tools dan juga cara penyajian yang unik-unik kali ini agak berbeda karena kita akan mempelajari mengenai bahannya khususnya bumbu.
Garam Masala
Kali ini kita bahas dulu mengenai Garam Masala ya,,
Garam masala itu merupakan rempah atau bumbu yang asalnya dari India. Dari namanya sih seperti nama bumbu dari Indonesia, namun jangan salah ya. Kalau di India, arti dari Garam adalah panas, sedangkan Masala artinya campuran. Secara umum ini dapat diartikan sebagai bumbu rempah yang dicampur-campur lalu disangrai hingga matang, proses sangrai ini lah yang mungkin membuatnya dinamai garam yang artinya panas. Garam masala ini biasanya digunakan sebagai bumbu dasar masakan India yang berguna sebagai pemberi rasa, warna dan aroma. Inilah yang membuat masakan India mempunyai ke khas-an dalam cita rasanya.
Berikut ini merupakan rempah-rempah dasar dari garam masala
photo by : http://www.spiciefoodie.com/2009/07/08/garam-masala-indian-curry-spice-2/

Rempah-rempah yang dipakai hampir sama seperti rempah-rempah yang ada di Indonesia seperti kapulaga, biji lada putih, ketumbar, kayu manis, cengkeh dan jinten. Tidak ada patokan resep dari garam masala ini karena pilihan campuran rempah-rempahnya disesuaikan dengan selera yang ingin memakannya. Di samping sebagai perasa dalam masakan, ternyata garam masala ini juga punya manfaat lho seperti bisa untuk mengobati masuk angin karena terdapat kandungan jahe yang dapat menghangatkan tubuh, menambah nafsu makan pada anak-anak, mengobati masalah lambung dan juga asma.

Berikutnya aku juga mendapat info mengenai cara penyimpanannya. Untuk dapat menyimpannya secara maksimal yaitu 6 bulan, kita perlu memperhatikan hal-hal ini seperti yang pertama gunakan sendok kayu yang cara mengeringkannya adalah dengan cara dijemur atau memakai kertas yang dibentuk menjadi sendok-sendok an. Intinya jangan sampai garam masala ini terkena air dan simpan di tempat yang kering. 

Contoh kemasan garam masala yang dipakai sekarang ini
Bungkus Plastik

Botol



Tidak ada komentar:

Posting Komentar